Cegah Diabetes dengan Rajin Minum Teh Hitam

tehhitamdalam

Suka minum teh tubruk atau teh hitam? Kebiasaan minum teh hitam ini ternyata bisa menuai efek baik untuk kesehatan. Daun teh yang difermentasi ini rasanya sepat sedikit pahit bisa mencegah obesitas dan penyakit diabetes.

Black tea (teh hitam) merupakan jenis teh hasil fermentasi dari daun teh. Teh hitam sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Perbedaan utama antara teh hitam dan jenis teh lainnya, seperti white tea atau green tea, ialah teh hitam lebih teroksidasi dengan sempurna.

Dampak dari oksidasi ini, teh hitam menjadi lebih beraroma dan mengandung lebih banyak kafein dari jenis teh lainnya. Aroma teh hitam pun bisa bertahan lebih lama, bahkan sampai beberapa tahun, ketimbang aroma dari jenis teh yang lain.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan British Medical Journal, terungkap bahwa konsumsi teh dalam jumlah besar dapat mengurangi obesitas. Penelitian terbaru menggunakan data dari 50 negara. Tujuannya, untuk melihat kaitan konsumsi teh hitam tertinggi di beberapa negara tersebut dengan penurunan sindrom metabolik atau obesitas. Penelitian ini dibawahi oleh Dr. Ariel Beresniak dari Data Mining International yang berpusat di Geneva, Switzerland.

Proses fermentasi membuat teh hitam memiliki flavanoid, yang sangat bagus untuk kesehatan. Proses ini juga membuat teh hitam mempunyai khasiat lebih untuk ‘melawan’ lemak. Kandungan theaflavin dan thearubigins yang dapat ‘meniru’ insulin terbukti dapat mengurangi kadar glukosa darah.

Teh hitam mengandung polisakarida, yang terdiri dari selulosa dan pati. Polisakarida dapat memperlambat penyerapan glukosa. Penlitian menunjukkan, polisakarida dalam teh hitam adalah inhibitor yang paling efektif untuk menyerap glukosa, dibandingkan jenis teh lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga di tiga negara dengan tingkat penderita diabetes terendah ternyata mengonsumsi setidaknya 2 kg teh hitam setiap tahunnya. Negara-negara tersebut adalah Irlandia, Inggris dan Turki.

Sedangkan tiga negara lain yang mengonsumsi teh hitam dalam jumlah rendah, ternyata memiliki jumlah penderita diabetes yang lebih banyak. Negara-negara tersebut adalah Brasil, Maroko dan Meksiko.

Sumber: detik.com (05/04/2013 odi/fit)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s