8 Manfaat Kopi

176428_620

“Biarlah makanan menjadi obatmu dan obat-obatan menjadi makananmu,” kata filsuf Yunani Hipokrates. Begitu juga dengan kopi. Minuman yang populer di seluruh dunia ini jadi sumber terbesar dari antioksidan dalam konsumsi global. Berikut adalah delapan alasan untuk memulai hari dengan minuman ini.

1. Dapat menurunkan risiko kematian.
Pada akhirnya semua akan mati. Tapi kopi tampaknya memperpanjang waktu bagi mereka yang kronis oleh seperti penyakit jantung dan diabetes. Menurut sebuah studi besar 2012, bahkan makin banyak konsumsi kopi ( tiga cangkir atau lebih sehari), makin rendah risiko kematian.

2. Membantu membuat sistem reproduksi Anda bahagia.
Jika anda pria yang sedang mencari minuman untuk menurunkan risiko kanker prostat, atau wanita yang ingin menurunkan risiko kanker endometrium, kopi bisa jadi kebiasaan bagus. Sebuah studi pada 2011 menemukan pria yang mengonsumsi setidaknya enam atau lebih cangkir sehari mengurangi risiko kanker prostat sebesar 20 persen. Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah terkena kanker endometrium.

3. Dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.
Sebuah studi 2012 menemukan bahwa senyawa dalam kopi benar-benar membantu untuk memblokir suatu zat dalam tubuh yang disebut islet amyloid polypeptide, yang memainkan peran dalam perkembangan diabetes. Penelitian lebih lanjut telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi berkafein dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes juga.

4. Membantu melindungi otak Anda.
Peminum kopi lebih kebal terhadap kemungkinan demensia dan Alzheimer di kemudian hari, menurut sebuah studi 2009. Studi lain yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa hanya bau kopi membantu mengurangi stres yang berhubungan dengan susah tidur.

5. Ini bisa membantu pemulihan operasi usus besar.
Jika anda pernah operasi, salah satu tanda besar pemulihan adalah kembalinya fungsi usus. Satu studi menemukan bahwa konsumsi kopi membantu mempercepat pemulihan. Peminum kopi lebih cept pulih dibandingkan dengan peminum air.

6. Bagus untuk kulit
Minum kopi dapat membantu menangkal bentuk paling didiagnosis kanker kulit. Sebuah studi dalam jurnal Cancer Research yang khusus mengamati kafein dalam kopi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena karsinoma sel basal.

7. Membantu untuk mengurangi risiko kanker mulut.
Meskipun studi tentang konsumsi kopi dan penurunan risiko kanker terbatas, sebuah studi besar baru-baru ini menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki risiko 50 persen lebih rendah dari kematian akibat kanker mulut dalam jangka waktu 25 tahun.

8. Membantu memperkuat otot dan DNA
Penelitian di jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa kafein benar-benar memiliki efek yang sama dengan molekul DNA kita dalam otot kita sebagai olahraga ( tapi bukan berarti anda berhenti berolahraga). Penelitian ini melihat secara khusus pada perubahan DNA otot pada individu dan menemukan bahwa efek positif dari kopi yang sama dengan efek yang berasal dari olah raga.

Sumber: http://www.tempo.co – HUFFINGTONPOST (09/04/2013 Nur Rochmi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s