CHILLING INJURY

Definisi:

Chilling injury adalah suatu kondisi bahan hasil pertanian (sayur dan buah) mengalami kerusakan akibat perlakuan pada suhu dingin yakni sekitar 0 – 10 0C. Kasus chilling injury biasanya muncul saat penanganan yang dilakukan pada bahan hasil pertanian (sayur dan buah) untuk memperpanjang masa simpan bahan tersebut. Gejala atau ciri – ciri suatu bahan menglami chiling injury antara lain: mengalami pencoklatan dan timbul rasa manis (pada kentang), muncul noda hitam pada permukaan kulit (buah pisang), tekstur rusak (buah tomat)

 

Penyebab:

Chiling injury pada bahan pertanian biasanya terjadi selama buah disimpan dalam suhu dingin. Namun berbagai komoditas pertanian tersebut memiliki batas bawah suhu dingin yang berbeda-beda tiap komoditasnya. Hal ini dikarenakan tiap komoditas memiliki kepekaan pada suhu rendah yang berbeda-beda. Kepekaan yang berbeda tersebut dimungkinkan akan memberikan daya tahan dinding sel yang berbeda tiap komoditasnya terhadap kondisi dingin selama penyimpanan. Selama penyimpanan, apabila komoditas disimpan pada ruangan yang memiliki suhu rendah di bawah batas minimal suhu rendah dari komoditas tersebut, maka komoditas pertanian tersebut akan mulai mengalami kerusakan yang dicirikan dengan timbulnya gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas.

 

Pencegahan:

Chilling injury merupakan suatu kerusakan yang tidak diharapakan terjadi pada komoditas pertanian. Untuk mencegah terjadinya chilling injury maka setiap komoditas pertanian yang berbeda harus disimpan terpisah sesuai dengan suhu kritis yang dimiliki tiap-tiap komoditi. Misalnya penyimpanan mangga dan pisang disimpan pada suhu dingin sekitar 150C.

Iklan

One response to “CHILLING INJURY

  1. Ping-balik: Chapter 2 – Lycarasekai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s