15 Tip Surfing

 

 

1.    Anda mungkin menemukan sebuah halaman web yang menarik dan ingin mengunjunginya kembali. Masalahnya, terlalu sulit bagi anda menghafal alamat URL-nya. Untuk mengatasinya, cobalah mem-bookmark halaman web tersebut.

 

·   Bagi anda pengguna Netscape Navigator, klik tombol “Bookmark” yang terdapat di bagian atas layar monitor anda, lalu klik “Add Bookmark”. Nah, halaman web tersebut sudah masuk ke direktori bookmark di komputer anda. Jika suatu saat anda hendak mengunjungi kembali halaman web ini, anda cukup mengklik tombol “Bookmark”, lalu klik nama halaman web tadi.

 

·   Jika anda menggunakan Internet Explorer klik tombol “Favorites” yang terdapat di bagian atas layar monitor anda, lalu klik tombol “Add To Favorites”. Jika nanti anda hendak mengunjungi kembali halaman web ini, anda cukup mengklik tombol “Favorites” tersebut, lalu klik nama halaman web tersebut. Atau anda dapat melakukan dengan “jalan pintas”, yaitu dengan menekan tombol ctrl + D.

 

2.    Jangan mendownload apapun dari situs web yang tidak dikenal. Program anti virus memang dapat diandalkan, tapi mereka tidak dapat melindungi anda dari segala hal. Tapi jika anda mendownload dari situs yang terpercaya seperti Yahoo!, Netscape, RealNetworks, atau mIRC or Syntrillium, tidak usah khawatir. Mereka termasuk situs yang dapat dipercaya.
Hati-hatilah terhadap attachment file (lampiran file) dalam sebuah pesan email. Banyak sekali attachment file yang mengandung virus. Atau jika ada orang tak dikenal yang mengirimi anda file melalui program chatting, sebaiknya jangan diterima. Siapa tahu ada virusnya.

 

3.     Jika anda mendownload sesuatu dari internet, catat dan ingat-ingatlah di mana anda menyimpannya. Disarankan, anda menyimpan semua file hasil download di folder/direktori yang sama, untuk memudahkan pengelolaannya.
Jika anda meng-unzip sebuah program ke dalam folder tertentu, jangan melakukan hal yang sama terhadap program lain. Ini untuk menghindari kebingungan anda untuk “mengenali” mereka nantinya.

 

4.    Anda misalnya sedang membuka sebuah halaman web yang memiliki alamat URL sangat panjang seperti ini: http://www.envirolink.org/orgs/vegweb/wwwboard/ar/. Lalu anda ingin mengunjungi homepage-nya (halaman utamanya). Nah, secara gamblang, URL sebuah homepage biasanya diawali dengan http dan berakhir pada garis miring ketiga. Dalam kasus di atas, maka alamat homepagenya adalah http://www.envirolink.org/. Maka anda dapat menghapus sisanya, yakni orgs/vegweb/wwwboard/ar/.

 

5.     Biasanya komputer anda akan menyimpan semua halaman web yang pernah anda kunjungi di sebuah folder bernama “temporary internet files”. Ini sebetulnya adalah file-file yang tidak penting, dan anda dapat menghapusnya, agar harddisk anda tidak terlalu penuh. Caranya:

 

·   Jika anda menggunakan Netscape Navigator 2.0, klik tombol “Options”, lalu “Network Preferences”. Pilih “Cache folder”, lalu klik pada kolom bertuliskan “Clear Memory Cache Now”. Jika muncul peringatan “This will remove all the files currently in your memory cache. Continue?”, klik OK . Lalu klik “Clear Disk Cache Now”, lalu OK lagi, dan OK kembali untuk menutup menu ini.

 

·   Jika anda menggunakan Netscape Navigator 4.0, klik “Edit”, lalu pilih “Preferences”. Klik dua kali pada “Advanced under Category”. Klik “Cache”, lalu klik lagi “Clear Memory Cache”. Klik OK, lalu klik lagi “Clear Disk Cache”. Klik OK, lalui OK lagi untuk menutup menu ini.

 

·   Jika anda menggunakan Internet Explorer 3.0, klik “View, lalu klik “Options”. Pilih menu “Advanced”. lalu pada pilihan “Temporary Internet Files” klik Settings”. Klik menu bertuliskan Empty Folder…”. Jika muncul pertanyaan, “Delete all files in the Temporary Internet Folder?”, pilih “Yes”. Lalu klik OK dan OK kembali.

 

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer 4.0, klik “View” lalu pilih “Internet Options”. Dalam menu “General” yakni di pilihan Temporary Internet Files’, klik “Delete Files”. Klik OK hingga menu ini tertutup.

 

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer 5.0, klik “Tools”, lalu klik “Internet Options”. Dalam menu “General” pada pilihan “Temporary Internet Files”, klik “Delete Files”. Klik OK hingga menu ini tertutup.

 

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer versi sebelum 3.0, klik Preferences”, lalu klik “Advanced”. Klik “Purge Cache”. Jika muncul peringatan, klik “Yes” atau “OK”. Klik OK lagi untuk menutup menu ini.

 

·  Jika anda menggunakan AOL 3.0, klik “Members” yang terdapat di bagian atas AOL Start Screen anda. Klik “Preferences”, lalu klik ikon “WWW”. Pada “AOL Internet Properties (General)”, klik “Delete files” yang terdapat pada menu “Temporary Internet files”. Lalu klik OK.

 

·  Jika anda menggunakan AOL 4.0 atau 5.0, klik “My AOL” yang terdapat di dekat bagian atas AOL Start Screen anda. Klik “Preferences”, lalu klik ikon “WWW”. Dalam menu AOL Internet properties (General)”, klik “Delete files” yang terdapat pada menu “Temporary Internet files”. Lalu klik OK.

 

6.     Anda dapat mencari beragam informasi di internet melalui search engine seperti Yahoo!, Alta Vista, dan sebagainya. Jika informasi yang anda cari tidak ditemukan, atau anda mengalami kesulitan dalam mencarinya, cobalah tips ini. Bacalah bagian “help” pada situs search engine tersebut. Setiap search engine biasanya memiliki simbol yang berbeda-beda untuk mempersempit wilayah pencarian terhadap kata kunci tertentu. Misalnya lambang – + * ” AND NEAR NOT, dan sebagainya.

 

7.    Jika anda mengakses halaman web tertentu, lalu muncul pesan error, cobalah mengklik tombol “Refresh” atau “Reload”. Jika pesan error masih muncul, mungkin ada kesalahan. Misalnya, halaman web tersebut telah hilang, koneksi ke internet anda terputus, alamat URL yang anda ketik ternyata salah, dan masih banyak kemungkinan lain.

 

8.    Dalam mencari informasi tentang situs-situs yang belum anda ketahui, cobalah melakukan banyak eksprimen. Misalnya, anda dapat memasukkan kata apa saja di antara tanda http://www.__________.com. Isilah bagian bergaris dengan kata apa saja. Misalnya kata “konyol”, “sapi”, atau kata apa saja. Siapa tahu memang ada situs yang beralamat http://www.konyol.com (dan sebetulnya memang ada), maka anda akan mendapat bentuk-bentuk “penemuan” yang baru di internet.

 

9.    Terkadang anda mungkin mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang anda butuhkan di internet. Karena itu, cobalah memanfaatkan fasilitas “Find” yang terdapat di browser anda. Klik tombol “Find” ini, lalu masukkan kata apa saja yang anda kehendaki. (Pada Internet Explorer, pilih menu “Edit”, lalu pilih “Find”).

 

10. Jika anda menunggu terlalu lama dalam membuka halaman web tertentu, cobalah menekan tombol “Stop”. Lalu klik tombol “Refresh (atau “Reload”). Sering terjadi, melakukan hal seperti ini dapat mempercepat akses anda dalam memasuki halaman web tertentu.
Catatan: Tips seperti ini sering tidak bisa berfungsi jika yang anda “reload/refresh” itu adalah halaman web di mana anda telah melakukan log in. Misalnya halaman inbox pada email anda, dan sebagainya.

 

11. Program email anda mungkin memiliki beragam fasilitas yang menyenangkan, seperti membuat tampilan warna-warni, pemberian latar yang bagus, dan sebagainya. Namun jika orang yang anda kirimi email tidak memiliki fasilitas seperti ini, mereka tidak akan dapat melihat tampilan pesan email anda seperti yang telah anda “ciptakan”. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu “bergaya” dalam menulis pesan email.

 

12.Tengah malam adalah saat yang paling menyenangkan untuk surfing di internet. Selain biaya pulsa telepon lebih murah, akses ke internet biasanya lebih cepat.

 

13. Ini ada hubungannya dengan nomor 1 di atas. Untuk setiap halaman web yang telah anda bookmark, anda dapat memberikan nama apa saja sesuai keinginan anda. Misalnya anda hendak membookmark situs ajangkita ini. Anda bisa memberi nama “ajangkita”, “internet untuk pemula”, dan sebagainya

 

·  Jika anda menggunakan Netscape, klik tombol “Bookmarks”, lalu klik “Go to Bookmarks”. Klik kanan pada bookmark yang hendak anda ubah. Klik “Properties”, lalu pada boks “Name:”, ketik nama apa saja yang anda inginkan. Klik OK untuk menutup window ini.

 

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer, klik “Favorites”, lalu klik “Organize Favorites…”. Klik kanan pada nama bookmark yang hendak anda ubah, lalu pilih “Rename”. Ketik nama apa saja yang anda inginkan, lalu klik OK.

 

14. Untuk menghemat waktu, bukalah beberapa halaman web pada waktu yang bersamaan. Ini akan menghemat waktu, dan tentu saja biaya pemakaian internet anda.

 

15.Jika akses internet anda terlalu lamban, cobalah memutuskan koneksi ke Internet Service Provider (ISP) anda, lalu tunggu beberapa menit, dan cobalah dikoneksi lagi.

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;}

1.    Anda mungkin menemukan sebuah halaman web yang menarik dan ingin mengunjunginya kembali. Masalahnya, terlalu sulit bagi anda menghafal alamat URL-nya. Untuk mengatasinya, cobalah mem-bookmark halaman web tersebut.

·   Bagi anda pengguna Netscape Navigator, klik tombol “Bookmark” yang terdapat di bagian atas layar monitor anda, lalu klik “Add Bookmark”. Nah, halaman web tersebut sudah masuk ke direktori bookmark di komputer anda. Jika suatu saat anda hendak mengunjungi kembali halaman web ini, anda cukup mengklik tombol “Bookmark”, lalu klik nama halaman web tadi.

·   Jika anda menggunakan Internet Explorer,  klik tombol “Favorites” yang terdapat di bagian atas layar monitor anda, lalu klik tombol “Add To Favorites”. Jika nanti anda hendak mengunjungi kembali halaman web ini, anda cukup mengklik tombol “Favorites” tersebut, lalu klik nama halaman web tersebut. Atau anda dapat melakukan dengan “jalan pintas”, yaitu dengan menekan tombol ctrl + D.

2.    Jangan mendownload apapun dari situs web yang tidak dikenal. Program anti virus memang dapat diandalkan, tapi mereka tidak dapat melindungi anda dari segala hal. Tapi jika anda mendownload dari situs yang terpercaya seperti Yahoo!, Netscape, RealNetworks, atau mIRC or Syntrillium, tidak usah khawatir. Mereka termasuk situs yang dapat dipercaya.
Hati-hatilah terhadap attachment file (lampiran file) dalam sebuah pesan email. Banyak sekali attachment file yang mengandung virus. Atau jika ada orang tak dikenal yang mengirimi anda file melalui program chatting, sebaiknya jangan diterima. Siapa tahu ada virusnya.

3.     Jika anda mendownload sesuatu dari internet, catat dan ingat-ingatlah di mana anda menyimpannya. Disarankan, anda menyimpan semua file hasil download di folder/direktori yang sama, untuk memudahkan pengelolaannya.
Jika anda meng-unzip sebuah program ke dalam folder tertentu, jangan melakukan hal yang sama terhadap program lain. Ini untuk menghindari kebingungan anda untuk “mengenali” mereka nantinya.

4.    Anda misalnya sedang membuka sebuah halaman web yang memiliki alamat URL sangat panjang seperti ini: http://www.envirolink.org/orgs/vegweb/wwwboard/ar/. Lalu anda ingin mengunjungi homepage-nya (halaman utamanya). Nah, secara gamblang, URL sebuah homepage biasanya diawali dengan http dan berakhir pada garis miring ketiga. Dalam kasus di atas, maka alamat homepagenya adalah http://www.envirolink.org/. Maka anda dapat menghapus sisanya, yakni orgs/vegweb/wwwboard/ar/.

5.     Biasanya komputer anda akan menyimpan semua halaman web yang pernah anda kunjungi di sebuah folder bernama “temporary internet files”. Ini sebetulnya adalah file-file yang tidak penting, dan anda dapat menghapusnya, agar harddisk anda tidak terlalu penuh. Caranya:

·   Jika anda menggunakan Netscape Navigator 2.0, klik tombol “Options”, lalu “Network Preferences”. Pilih “Cache folder”, lalu klik pada kolom bertuliskan “Clear Memory Cache Now”. Jika muncul peringatan “This will remove all the files currently in your memory cache. Continue?”, klik OK . Lalu klik “Clear Disk Cache Now”, lalu OK lagi, dan OK kembali untuk menutup menu ini.

·   Jika anda menggunakan Netscape Navigator 4.0, klik “Edit”, lalu pilih “Preferences”. Klik dua kali pada “Advanced under Category”. Klik “Cache”, lalu klik lagi “Clear Memory Cache”. Klik OK, lalu klik lagi “Clear Disk Cache”. Klik OK, lalui OK lagi untuk menutup menu ini.

·   Jika anda menggunakan Internet Explorer 3.0, klik “View, lalu klik “Options”. Pilih menu “Advanced”. lalu pada pilihan “Temporary Internet Files” klik Settings”. Klik menu bertuliskan Empty Folder…”. Jika muncul pertanyaan, “Delete all files in the Temporary Internet Folder?”, pilih “Yes”. Lalu klik OK dan OK kembali.

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer 4.0, klik “View” lalu pilih “Internet Options”. Dalam menu “General” yakni di pilihan Temporary Internet Files’, klik “Delete Files”. Klik OK hingga menu ini tertutup.

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer 5.0, klik “Tools”, lalu klik “Internet Options”. Dalam menu “General” pada pilihan “Temporary Internet Files”, klik “Delete Files”. Klik OK hingga menu ini tertutup.

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer versi sebelum 3.0, klik Preferences”, lalu klik “Advanced”. Klik “Purge Cache”. Jika muncul peringatan, klik “Yes” atau “OK”. Klik OK lagi untuk menutup menu ini.

·  Jika anda menggunakan AOL 3.0, klik “Members” yang terdapat di bagian atas AOL Start Screen anda. Klik “Preferences”, lalu klik ikon “WWW”. Pada “AOL Internet Properties (General)”, klik “Delete files” yang terdapat pada menu “Temporary Internet files”. Lalu klik OK.

·  Jika anda menggunakan AOL 4.0 atau 5.0, klik “My AOL” yang terdapat di dekat bagian atas AOL Start Screen anda. Klik “Preferences”, lalu klik ikon “WWW”. Dalam menu AOL Internet properties (General)”, klik “Delete files” yang terdapat pada menu “Temporary Internet files”. Lalu klik OK.

6.     Anda dapat mencari beragam informasi di internet melalui search engine seperti Yahoo!, Alta Vista, dan sebagainya. Jika informasi yang anda cari tidak ditemukan, atau anda mengalami kesulitan dalam mencarinya, cobalah tips ini. Bacalah bagian “help” pada situs search engine tersebut. Setiap search engine biasanya memiliki simbol yang berbeda-beda untuk mempersempit wilayah pencarian terhadap kata kunci tertentu. Misalnya lambang – + * ” AND NEAR NOT, dan sebagainya.

7.    Jika anda mengakses halaman web tertentu, lalu muncul pesan error, cobalah mengklik tombol “Refresh” atau “Reload”. Jika pesan error masih muncul, mungkin ada kesalahan. Misalnya, halaman web tersebut telah hilang, koneksi ke internet anda terputus, alamat URL yang anda ketik ternyata salah, dan masih banyak kemungkinan lain.

8.    Dalam mencari informasi tentang situs-situs yang belum anda ketahui, cobalah melakukan banyak eksprimen. Misalnya, anda dapat memasukkan kata apa saja di antara tanda http://www.__________.com. Isilah bagian bergaris dengan kata apa saja. Misalnya kata “konyol”, “sapi”, atau kata apa saja. Siapa tahu memang ada situs yang beralamat http://www.konyol.com (dan sebetulnya memang ada), maka anda akan mendapat bentuk-bentuk “penemuan” yang baru di internet.

9.    Terkadang anda mungkin mengalami kesulitan dalam mencari informasi yang anda butuhkan di internet. Karena itu, cobalah memanfaatkan fasilitas “Find” yang terdapat di browser anda. Klik tombol “Find” ini, lalu masukkan kata apa saja yang anda kehendaki. (Pada Internet Explorer, pilih menu “Edit”, lalu pilih “Find”).

10. Jika anda menunggu terlalu lama dalam membuka halaman web tertentu, cobalah menekan tombol “Stop”. Lalu klik tombol “Refresh (atau “Reload”). Sering terjadi, melakukan hal seperti ini dapat mempercepat akses anda dalam memasuki halaman web tertentu.
Catatan: Tips seperti ini sering tidak bisa berfungsi jika yang anda “reload/refresh” itu adalah halaman web di mana anda telah melakukan log in. Misalnya halaman inbox pada email anda, dan sebagainya.

11. Program email anda mungkin memiliki beragam fasilitas yang menyenangkan, seperti membuat tampilan warna-warni, pemberian latar yang bagus, dan sebagainya. Namun jika orang yang anda kirimi email tidak memiliki fasilitas seperti ini, mereka tidak akan dapat melihat tampilan pesan email anda seperti yang telah anda “ciptakan”. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu “bergaya” dalam menulis pesan email.

12.Tengah malam adalah saat yang paling menyenangkan untuk surfing di internet. Selain biaya pulsa telepon lebih murah, akses ke internet biasanya lebih cepat.

13. Ini ada hubungannya dengan nomor 1 di atas. Untuk setiap halaman web yang telah anda bookmark, anda dapat memberikan nama apa saja sesuai keinginan anda. Misalnya anda hendak membookmark situs ajangkita ini. Anda bisa memberi nama “ajangkita”, “internet untuk pemula”, dan sebagainya

·  Jika anda menggunakan Netscape, klik tombol “Bookmarks”, lalu klik “Go to Bookmarks”. Klik kanan pada bookmark yang hendak anda ubah. Klik “Properties”, lalu pada boks “Name:”, ketik nama apa saja yang anda inginkan. Klik OK untuk menutup window ini.

·  Jika anda menggunakan Internet Explorer, klik “Favorites”, lalu klik “Organize Favorites…”. Klik kanan pada nama bookmark yang hendak anda ubah, lalu pilih “Rename”. Ketik nama apa saja yang anda inginkan, lalu klik OK.

14. Untuk menghemat waktu, bukalah beberapa halaman web pada waktu yang bersamaan. Ini akan menghemat waktu, dan tentu saja biaya pemakaian internet anda.

Jika akses internet anda terlalu lamban, cobalah memutuskan koneksi ke Internet Service Provider (ISP) anda, lalu tunggu beberapa menit, dan cobalah dikoneksi lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s